Kamis, 02 Desember 2010

DB2

Pengertian DB2


IBM DB2 Enterprise Server Edition adalah server database model relasional yang dikembangkan oleh IBM. Ini terutama berjalan pada Unix (yaitu AIX), Linux, IBM i (dahulu OS/400), z / OS dan Windows server. DB2 juga kekuatan IBM yang berbeda InfoSphere edisi Gudang. Di samping DB2 RDBMS lain: Informix, yang diakuisisi oleh IBM pada tahun 2001.
Isi


Sejarah

DB2 memiliki sejarah yang panjang dan dianggap oleh banyak telah menjadi produk pertama yang menggunakan database SQL (juga dikembangkan oleh IBM) walaupun Oracle merilis produk database komersial SQL agak lebih awal dari IBM lakukan.

The DB2 Nama pertama kali diberikan kepada Database Management System atau DBMS yang pada tahun 1983 ketika IBM merilis DB2 pada platform mainframe yang MVS. Sebelum ini, produk serupa bernama SQL / DS pada platform VM. Sistem sebelumnya 38 platform juga berisi DBMS relasional. Sistem Relasional, atau Sistem R, adalah prototipe riset yang dikembangkan pada tahun 1970an. DB2 berakar kembali ke awal tujuh puluhan ketika EF Codd, bekerja
untuk IBM, menggambarkan teori database relasional dan pada Juni 1970 menerbitkan model untuk manipulasi data. Untuk menerapkan model Codd diperlukan suatu bahasa database relasional yang bernama Alpha. Pada waktu itu IBM tidak percaya pada potensi ide Codd, meninggalkan pelaksanaannya kepada sekelompok programmer tidak di bawah pengawasan Codd, yang melanggar beberapa dasar-dasar model relasional Codd's, hasilnya adalah Inggris Structured Query Language atau Sekuel. Ketika IBM meluncurkan produk relational database pertama, mereka ingin memiliki sub-bahasa komersial yang berkualitas juga, sehingga dibongkar sekuel dan berganti nama menjadi bahasa pada dasarnya baru (Sistem Query Language) SQL untuk membedakannya dari sekuel.

Ketika Informix diperoleh ilustrasi dan membuat mesin database mereka sebuah DBMS objek-SQL dengan memperkenalkan mereka Universal Server, Oracle dan IBM baik mengikuti dengan mengubah mesin database mereka untuk mampu ekstensi object-relational. Pada tahun 2001, IBM membeli Informix dan tahun-tahun berikutnya teknologi Informix dimasukkan ke dalam rangkaian produk DB2. Hari ini, DB2 teknis dapat dianggap sebagai obyek DBMS-SQL.

Untuk beberapa DB2 tahun, sebagai DBMS penuh fungsi, secara eksklusif tersedia pada mainframe IBM. Kemudian IBM DB2 dibawa ke platform lainnya, termasuk OS / 2, UNIX dan Windows server, maka Linux (termasuk Linux di zSeries) dan PDA. Proses ini terjadi melalui 1990-an. Inspirasi untuk versi mainframe arsitektur DB2 datang di bagian dari IBM DL / I dan IBM IMS, kedua database hirarkis. DB2 juga tertanam dalam sistem operasi i5/OS untuk IBM System i (iSeries, AS/400 sebelumnya), dan versi yang tersedia untuk z / VSE dan z / VM.

Versi sebelumnya kode yang akan menjadi DB2 LUW (Linux, Unix, Windows) adalah bagian dari komponen Edisi Extended dari OS / 2 Database Manager disebut. IBM memperluas fungsionalitas dari Database Manager beberapa kali, termasuk penambahan fungsi basis data terdistribusi yang memungkinkan berbagi akses ke database di lokasi terpencil di LAN. IBM akhirnya menyatakan bahwa kompleksitas dapat diatasi ada dalam kode Manager Database, dan mengambil keputusan yang sulit untuk menulis ulang sepenuhnya perangkat lunak dalam mereka Toronto Lab. Versi baru dari Database Manager, yang disebut mainframe DB2 seperti orang tua nya, berlari pada OS / 2 dan platform RS/6000, disebut DB2 / 2 dan DB2/6000 masing-masing. Versi lain dari DB2, dengan basis kode yang berbeda, mengikuti yang sama '/' konvensi penamaan dan menjadi DB2/400 (untuk AS/400), DB2/VSE (untuk DOS / VSE lingkungan) dan DB2/VM (untuk VM sistem operasi). pengacara IBM berhenti ini konvensi penamaan berguna dari yang digunakan dan memutuskan bahwa semua produk yang dibutuhkan untuk disebut "produk UNTUK platform" (misalnya, DB2 untuk OS/390). Iterasi berikutnya dari mainframe dan produk-produk berbasis server diberi nama DB2 Universal Database (atau UDB DB2), nama yang sudah digunakan untuk versi Linux-Unix-Windows, dengan pengenalan kebingungan meluas di mana versi (mainframe atau server) dari DBMS adalah dirujuk. Pada titik ini, versi mainframe DB2 dan versi server DB2 yang dikodekan dalam bahasa yang sama sekali berbeda (PL / S untuk mainframe dan C untuk server), tetapi berbagi fungsi yang sama dan menggunakan arsitektur yang umum untuk optimasi SQL: yang Starburst Optimizer.

Selama DB2 tahun telah baik perangkat keras dan didorong banyak dimanfaatkan, terutama pada IBM System z dengan fitur seperti berbagi data Paralel Sysplex. Bahkan, DB2 UDB Versi 8 untuk z / OS sekarang memerlukan sistem 64-bit dan tidak bisa berjalan di prosesor sebelumnya, dan DB2 untuk z / OS mempertahankan perbedaan perangkat lunak tertentu yang unik dalam rangka untuk melayani pelanggan yang canggih. Meskipun pernyataan terbesar dari software-hardware-evolusi co adalah mainframe IBM, untuk beberapa hal yang fenomena terjadi pada platform lain, sebagai insinyur perangkat lunak IBM berkolaborasi dengan rekan perangkat keras mereka.

Pada pertengahan 1990-an, IBM DB2 merilis sebuah implementasi berkerumun disebut Edition Paralel DB2, yang awalnya berlari AIX. Edisi ini memungkinkan skalabilitas dengan menyediakan sebuah arsitektur apa-apa bersama, di mana sebuah database tunggal yang besar dipartisi beberapa DB2 di server yang berkomunikasi melalui interkoneksi kecepatan tinggi. Edisi DB2 akhirnya porting ke semua (LUW) platform Linux, UNIX, dan Windows dan diganti namanya menjadi DB2 Extended Enterprise Edition (EEE). IBM sekarang mengacu pada produk ini sebagai Database Fitur Partisi (DPF) dan menjualnya sebagai add-on untuk DB2 Enterprise produk andalan mereka.

Pada pertengahan tahun 2006, IBM mengumumkan "Viper," yang merupakan nama kode untuk DB2 9 pada kedua platform didistribusikan dan z / OS. DB2 9 untuk z / OS diumumkan pada awal tahun 2007. IBM mengklaim bahwa DB2 baru database relasional pertama untuk menyimpan XML "native". perangkat tambahan lainnya termasuk perbaikan OLTP terkait untuk platform didistribusikan, intelijen bisnis / perbaikan data pergudangan terkait untuk z / OS, lebih self-tuning dan fitur pengelolaan diri, tambahan 64-bit eksploitasi (khususnya untuk penyimpanan virtual pada z / OS), disimpan kinerja perangkat tambahan prosedur untuk z / OS, dan konvergensi lanjutan dari kosakata SQL antara z / OS platform dan didistribusikan.

Pada bulan Oktober 2007, IBM mengumumkan "Viper 2" yang merupakan nama kode untuk DB2 9.5 pada platform didistribusikan. Ada tiga tema kunci untuk rilis, Sederhana Manajemen, Bisnis Reliabilitas Kritis dan Agile pengembangan XML.

Pada bulan Juni 2009, IBM mengumumkan "Cobra" (nama kode untuk 9.7 DB2 untuk LUW). DB2 9.7 menambahkan kompresi data untuk indeks database, tabel sementara, dan benda besar. 9.7 DB2 juga mendukung data asli XML dalam hash partisi (partisi database), partisi rentang (partisi tabel), dan clustering multi-dimensi. XML asli fitur ini memungkinkan pengguna untuk secara langsung bekerja dengan XML dalam lingkungan gudang data. DB2 9.7 juga menambahkan beberapa fitur yang memudahkan untuk Oracle Database pengguna untuk bekerja dengan DB2. Ini termasuk dukungan untuk sintaks SQL yang paling sering digunakan, PL / SQL sintaks, scripting sintaksis, dan tipe data dari Oracle Database. DB2 9.7 juga meningkatkan model concurrency untuk menunjukkan perilaku yang akrab bagi pengguna Oracle Database dan Microsoft SQL Server.

Pada bulan Oktober 2009, IBM memperkenalkan rilis kedua utama tahun ini ketika mengumumkan pureScale DB2. pureScale DB2 adalah database cluster solusi untuk platform non-mainframe dan sangat ideal untuk Online Transaction Processing (OLTP) beban kerja. IBM berdasarkan desain pureScale DB2 pada pelaksanaan paralel Sysplex berbagi data DB2 pada mainframe. pureScale DB2 menyediakan arsitektur fault-tolerant dan penyimpanan bersama-disk. Sebuah sistem pureScale DB2 dapat tumbuh hingga 128 server database, dan menyediakan ketersediaan berkelanjutan dan load balancing otomatis.

Pada bulan Februari 2010, IBM mengumumkan bahwa 10 DB2 untuk z / OS akan memasuki pengujian beta dengan pelanggan pada bulan berikutnya.

Pada tahun 2009, diumumkan bahwa DB2 dapat menjadi mesin di MySQL. Hal ini memungkinkan pengguna pada platform i System untuk mengakses native DB2 bawah sistem operasi i IBM (sebelumnya disebut OS/400), dan untuk pengguna pada platform lain untuk mengakses file ini melalui antarmuka MySQL. Pada i Sistem dan pendahulunya yang AS/400 dan System/38 itu, DB2 erat integral ke dalam sistem operasi, dan datang sebagai bagian dari sistem operasi. Ini menyediakan journaling, memicu dan fitur lainnya.


Kompetisi


IDC Worldwide Sistem Manajemen Database Prakiraan 2009-2013 dan 2008 Vendor Saham [1] peringkat database Oracle sebagai pemimpin pangsa pemasaran DBMS, diikuti oleh IBM DB2 dan Microsoft SQL Server. pesaing lainnya termasuk produk-produk open source seperti Firebird, PostgreSQL, MySQL dan Ingres, dan pemain ceruk seperti Sybase dan MaxDB.

Pada tahun 2009, Gartner menyatakan bahwa "IBM DB2 9,7 Getar Up Pasar DBMS Oracle Dengan Kompatibilitas" [2]. judul ini mengacu pada selain DB2 beberapa fitur yang akrab bagi pengguna Oracle Database, sehingga memudahkan bagi orang-orang dengan keahlian Oracle Database untuk bekerja dengan DB2. Fitur-fitur baru termasuk dukungan DB2 untuk SQL yang paling sering digunakan, PL / SQL, dan sintaks script dari Oracle Database. Mereka juga termasuk dukungan DB2 untuk jenis data tambahan dan model concurrency.

Dalam arena DBMS berkerumun, dimana database dapat tumbuh hingga terabyte banyak, IBM menawarkan dua pendekatan yang bersaing dengan Oracle Real Application Clusters (RAC): pureScale DB2 Database DB2 dan Fitur Partisi (DPF). pureScale DB2 adalah database shared-disk cluster solusi yang ideal untuk kapasitas tinggi Online Transaction Processing (OLTP) beban kerja. DB2 DPF memungkinkan Anda partisi database Anda di server atau dalam beberapa server besar SMP, yang sangat ideal untuk Online Analytical Processing (OLAP) beban kerja. (Perhatikan bahwa DB2 DPF dijual sebagai bagian dari IBM InfoSphere Gudang, yang merupakan nama untuk DB2 ketika dijual di lingkungan gudang data.)

DB2 untuk z / OS bisa dibilang memiliki pesaing langsung lebih sedikit. Oracle adalah menarik pelanggan untuk Linux pada produk Sistem z, walaupun rupanya tidak dengan mengorbankan DB2. Oracle memiliki RDBMS 31-bit yang tersedia untuk z / OS (Oracle Database 10g Release 2), tetapi Oracle menemukan kesulitan untuk bersaing dengan fitur DB2's set pada z / OS. Oracle telah mengumumkan akan mendukung 10g pada z / OS selama keinginan pelanggan, tetapi perusahaan tidak akan memperkenalkan versi mendatang produk database pada z / OS. CA-Datacom dan Adabas Software AG bersaing database untuk z / OS, dan ada produk niche tertentu juga (Model 204, SUPRA SQL [3], Nomad, dll) database non-relasional yang "bersaing" termasuk IMS, dan CA-IDMS, antara lain. Setidaknya beberapa database open source yang seolah-olah kompatibel dengan z / OS UNIX System Services.

IBM dan DB2 sering pada atau di dekat bagian atas TPC-C [4] dan TPC-H [5] standar industri dipublikasikan di website Transaction Processing Performance Council.

Pada tahun 2006 IBM meningkatkan kompetisi di pasar gudang alat muncul data dengan merilis lini produk pra-konfigurasi hardware / perangkat lunak sistem yang menggabungkan DB2 Data Warehouse Edition dengan baik p sistem IBM (AIX) atau sistem IBM x (Linux) server. Ini keluarga "alat-seperti gudang" sistem diberi nama IBM Konfigurasi Balanced Unit, atau BCU, dan ditujukan pada pasar alat gudang ditandai oleh Netezza dan DATAllegro, tetapi membedakan dirinya karena menggunakan versi fitur lengkap DB2 bukannya RDBMS gudang-berorientasi-tujuan tunggal.

Edisi

DB2 untuk Linux, Unix, dan Windows memiliki tiga edisi yang terpisah: Express Edition, Workgroup Server Edition, dan Enterprise Server Edition. Masing-masing edisi memiliki kelompok yang berbeda fitur-fitur untuk ukuran beban kerja yang berbeda. Aplikasi dibangun untuk edisi yang lebih rendah dari DB2 dijamin untuk bekerja pada edisi yang lebih tinggi tetapi pada tingkat yang lebih tinggi kinerja.

Versi gratis-DB2 disebut DB2 Express-C. DB2 Express-C adalah dalam beberapa hal mirip dengan database open source seperti MySQL dan PostgreSQL seperti yang ditawarkan tidak didukung, gratis untuk penggunaan tak terbatas termasuk penggunaan dalam lingkungan produksi. Pengguna memerlukan dukungan tingkat perusahaan dan fixpacks harus membeli apapun Edisi DB2 standar. DB2 Express-C, bagaimanapun, adalah berdasarkan kode yang sama seperti DB2 lainnya untuk Linux, Unix dan edisi Windows dan tidak open source. DB2 Express-C juga mirip dengan versi gratis dari database Oracle dan Microsoft SQL Server, kecuali bahwa DB2-Express C telah ada batasan pada jumlah pengguna atau pada ukuran basis data. DB2 Express-C berjalan pada 32 dan 64bit Windows, Linux pada x86, x64 dan prosesor POWER, Solaris pada x64 CPU dan mesin Intel menjalankan Mac OS X. Hal ini dapat dipasang pada mesin dari berbagai ukuran, tapi mesin database hanya akan menggunakan dua CPU core dan 2GB RAM. Dukungan diberikan pada sebuah forum, gratis Web umum. Untuk edisi ini tidak ada fixpacks atau dukungan resmi dari IBM.

DB2 untuk z / OS (mainframe) tersedia dalam kemasan produk tradisional, atau di Unit Nilai Edition, yang memungkinkan pelanggan untuk bukannya membayar biaya satu kali.

DB2 i (yang DB2/400 mantan) adalah inkarnasi utama ketiga DB2. Hal ini sangat erat dimasukkan ke dalam sistem operasi dari mesin IBM System i.

DB2 juga kekuatan IBM InfoSphere Gudang, yang menawarkan kemampuan data warehouse. Gudang InfoSphere menawarkan beberapa edisi yang berbeda dan tersedia untuk z / OS platform, Linux, Unix, dan Windows. Ini mencakup beberapa fitur seperti BI ETL, data mining, percepatan OLAP, dan analisis in-line.

kembali kode

Fitur penting dari program komputer DB2 adalah penanganan error. SQL komunikasi daerah (SQLCA) struktur ini pernah digunakan secara eksklusif dalam program DB2 untuk kembali informasi kesalahan untuk aplikasi program setelah setiap pernyataan SQL dieksekusi. Kesalahan utama, tapi tidak luar biasa berguna, diagnostik diadakan di lapangan SQLCODE dalam blok SQLCA.

Nilai kembali kode SQL adalah:

* 0 berarti eksekusi sukses.
* Sejumlah positif berarti eksekusi sukses dengan satu atau lebih peringatan. Contohnya adalah 100 yang berarti tidak ada baris yang ditemukan.
* Sejumlah negatif berarti gagal dengan kesalahan. Contohnya adalah -911 yang berarti timeout kunci (atau kebuntuan) telah terjadi, memicu rollback satu.

Kemudian versi DB2 menambahkan fungsionalitas dan kompleksitas pelaksanaan SQL. Beberapa kesalahan atau peringatan bisa dikembalikan oleh eksekusi pernyataan SQL, hal itu mungkin, misalnya, telah memulai Trigger Database dan lain pernyataan SQL. Bukan SQLCA asli, informasi kesalahan sekarang harus diambil oleh eksekusi berturut-turut pernyataan DIAGNOSTIK GET.

Lihat kembali kode SQL untuk daftar yang lebih komprehensif SQLCODEs umum.

Informasi teknis

DB2 dapat diberikan baik dari baris-perintah atau GUI. Antarmuka baris perintah membutuhkan pengetahuan lebih dari produk tetapi dapat lebih mudah ditulis dan otomatis. GUI adalah platform multi-Java klien yang berisi berbagai tuntunan cocok untuk pengguna pemula. DB2 mendukung kedua SQL dan XQuery. DB2 memiliki implementasi asli penyimpanan data XML, di mana XML data disimpan sebagai XML (bukan sebagai data relasional atau data CLOB) untuk akses lebih cepat menggunakan XQuery.

DB2 telah API untuk REXX, PL / I, COBOL, RPG, FORTRAN, C, C, Delphi, NET CLI, Java, Python, Perl, PHP, Ruby, dan banyak bahasa pemrograman lainnya.. DB2 juga mendukung integrasi ke dalam Eclipse dan Visual Studio lingkungan terpadu. Pembangunan BERSIH.
[Sunting] Error pengolahan
Wikibooks memiliki buku tentang topik



User Groups

IDUG adalah International DB2 Users Group, independen, tidak-untuk-keuntungan asosiasi profesional TI yang menggunakan DB2 IBM. IDUG menyediakan pendidikan, sumber daya teknis, peer kesempatan jaringan, sumber daya online dan program lain yang memungkinkan pengguna DB2 dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk DB2 leverage untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional.

Daerah Banyak kelompok pengguna juga ada, menyediakan tingkat yang bahkan lebih rinci dari dukungan untuk semua pengguna DB2. Los Angeles DB2 Users Group adalah contoh yang baik dari dukungan lokal.


Error pengolahan


Fitur penting dari DB2 program aplikasi adalah penanganan error. SQL komunikasi daerah (SQLCA) struktur ini pernah digunakan secara eksklusif dalam program DB2 untuk kembali informasi kesalahan ke program aplikasi setelah setiap SQL statement dieksekusi. Tapi tidak luar biasa berguna, kesalahan utama diagnostik diadakan di lapangan SQLCODE dalam blok SQLCA.

Ini kode SQL kembali nilai-nilai adalah:

  • 0 berarti eksekusi sukses.
  • Sejumlah positif berarti eksekusi sukses dengan satu atau lebih peringatan. Contohnya adalah +100 yang berarti tidak ada baris yang ditemukan.
  • Sejumlah negatif berarti gagal dengan kesalahan. Contohnya adalah -911 yang berarti timeout kunci (atau kebuntuan) telah terjadi, memicu rollback satu.

Kemudian versi DB2 menambahkan fungsionalitas dan kompleksitas pelaksanaan SQL. Beberapa kesalahan atau peringatan bisa dikembalikan oleh eksekusi pernyataan SQL, hal itu mungkin, misalnya, telah memulai trigger database dan lain pernyataan SQL.Bukan SQLCA asli, informasi kesalahan sekarang harus diambil oleh eksekusi berturut-turut pernyataan DIAGNOSTIK GET.


SUMBER


en.wikipedia.org/wiki/IBM_DB2

id.wikipedia.org/wiki/IBM_DB2_Express-C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar