Senin, 29 November 2010

FOXPRO

PENGERTIAN FOXPRO


Visual FoxPro adalah data-sentris berorientasi objek dan prosedural bahasa pemrograman yang diproduksi oleh Microsoft . Hal ini berasal Dari FoxPro (awalnya dikenal sebagai FoxBASE) yang dikembangkan oleh Fox Software dimulai pada tahun 1984. Fox Technologies bergabung dengan Microsoft pada tahun 1992, setelah mana perangkat lunak mengakuisisi fitur lebih lanjut dan awalan "Visual". Versi terakhir FoxPro (2.6) bekerja di bawah Mac OS , DOS , Windows , dan Unix : Visual FoxPro 3.0, yang pertama "Visual" versi, mengurangi dukungan platform untuk Mac dan Windows, dan versi adalah Windows-saja. Versi saat ini dari Visual FoxPro adalah COM berbasis dan Microsoft telah menyatakan bahwa mereka tidak berniat untuk membuat Microsoft BERSIH. versi.


FoxPro berasal sebagai anggota kelas bahasa sering disebut sebagai "xbase" bahasa, yang memiliki sintaks berdasarkan dBase bahasa pemrograman. Anggota lain dari rumpun bahasa xbase termasuk Clipper dan Recital . (Sebuah sejarah tahun-tahun awal xbase dapat ditemukan di dBase artikel.)


Visual FoxPro, biasa disingkat VFP, terintegrasi dengan database relasional mesin sendiri, yang memperpanjang xbase kemampuan's FoxPro untuk mendukung SQL query dan manipulasi data. Tidak seperti kebanyakan sistem database manajemen , Visual FoxPro adalah fitur, lengkap bahasa pemrograman dinamis yang tidak memerlukan penggunaan-tujuan program lingkungan umum tambahan. Hal ini dapat digunakan untuk menulis tak hanya tradisional " klien lemak "aplikasi, tetapi juga middleware dan aplikasi web .


Sejarah terkini


Pada akhir 2002, menunjukkan bahwa Visual FoxPro dapat dijalankan di Linux dengan Wine suite kompatibilitas Windows. Pada tahun 2003, ini menimbulkan keluhan-keluhan oleh Microsoft: itu menyatakan bahwa penyebaran kode FoxPro runtime-Windows mesin yang tidak melanggar Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir .


Pada bulan Desember 2005, VFP masuk ke 20 teratas pada indeks Tiobe [2] untuk pertama kalinya. Pada bulan Maret 2007 itu berada di posisi 19, membuatnya menjadi "B" bahasa. Pada Agustus, 2010, VFP (dikombinasikan dengan xbase) adalah pada posisi 25.


Pada bulan Maret 2007, Microsoft mengumumkan bahwa tidak akan ada VFP 10 sehingga membuat VFP9 (dirilis untuk manufaktur pada tanggal 17 Desember 2004) komersial terakhir VFP rilis dari Microsoft. Dukungan dari Versi 9 sedang berlangsung dengan paket layanan yang dirilis 8 Desember 2005 dan 11 Oktober 2007.


Pada saat akhir pengumuman hidup, bekerja pada rilis berikutnya dengan nama kode Sedna (dinamakan setelah planet kerdil ditemukan baru-baru ) yang dibangun di atas basis kode VFP9 sudah dimulai. "Sedna" adalah satu set add-ons untuk VFP 9.0 komponen xbase untuk mendukung sejumlah skenario interoperabilitas dengan berbagai teknologi Microsoft termasuk SQL Server 2005, Framework. NET , Windows Vista, Office 2007, Windows Search dan Team Foundation Server (TFS ). Microsoft telah menjelaskan bahwa inti VFP masih akan tetap closed source . Sedna dirilis pada 25 Januari 2008 . Pada Maret 2008, komponen xbase semua VFP 9 SP2 (termasuk Sedna) yang tersedia untuk masyarakat-pengembangan CodePlex.


Pada akhir Maret 2007 suatu akar rumput kampanye dimulai oleh berbicara FoxPro masyarakat Spanyol di MasFoxPro [5] (MoreFoxPro dalam bahasa Inggris ) untuk menandatangani petisi ke Microsoft untuk terus mengupdate Visual FoxPro atau melepaskan ke komunitas Open Source . Pada April 3, 2007 gerakan ini dicatat oleh pers teknis


Juga pada tanggal 3 April 2007 Microsoft menanggapi permintaan pemohon dengan pernyataan dari Alan Griver :


"Kami sangat menyadari masyarakat FoxPro dan yang memainkan peranan besar dalam apa yang kita diumumkan pada tanggal 13 Maret. Tidak pernah ada keputusan yang mudah untuk mengumumkan bahwa kita tidak akan merilis versi lain dari produk dan ini salah satu yang kami anggap sangat hati-hati.


Visual FoxPro 9 will be supported by Microsoft through 2015. "Kami tidak mengumumkan akhir FoxPro: Jelas, aplikasi FoxPro akan terus bekerja Dengan beberapa perkiraan internal kita, ada banyak aplikasi berjalan di FoxPro 2.6 daripada yang terdapat di VFP dan FoxPro 2.6 belum didukung di banyak. tahun. Visual FoxPro 9 akan didukung oleh Microsoft melalui 2015.


"Untuk Microsoft untuk terus mengembangkan basis FoxPro, kita perlu melihat menciptakan lingkungan pengembangan 64-bit dan yang akan melibatkan hampir selesai menulis ulang dari produk inti. Kami juga telah diinvestasikan dalam menciptakan database terukur dengan SQL Server , termasuk tersedia secara gratis SQL Server Express Edition Sejauh membentuk kemitraan dengan pihak ketiga yang bersangkutan, kami telah mendengar dari sejumlah pelanggan FoxPro besar bahwa ini akan membuat mustahil bagi mereka untuk terus menggunakan FoxPro sejak itu. tidak akan lagi dari vendor disetujui Kami merasa. yang menempatkan lingkungan ke open source di CodePlex, yang menyeimbangkan kebutuhan baik masyarakat dan pelanggan besar, adalah jalan terbaik ke depan. "


Kelebihan Visual Foxpro


  • Acces dan Assign Metods
  • Metode ini digunakan untuk mengeksekusi kode ketika nilai sebuah properti diquerikan atau ketika kita berniat mengubah nilai properti. Keuntungannya adalah kita dapat membuat sebuah interface publik untuk sebuah class atau objek yang memisahkan interface dari implementasi. Keuntungan lainnya adalah, kita dapat dengan mudah meng-implementasikan validasi properti dan juga dapat melindungi properti dalam kontrol ActiveX yang di-subclass-kan.


Ø Active Document
Sebuah Active Document adalah sebuah Windows-based, aplikasi non-HTML yang diletakkan pada sebuah browser. Active Document menyediakan sebuah cara untuk fungsionaliti sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui interface browser. Aplikasi Active Document Visual FoxPro sama seperti aplikasi Visual FoxPro lain yang dapat kita jalankan, seperti form, laporan dan label, peng-kelas-an siap pakai, dan memanipulasi data, tetapi juga ditambahkan keuntungan lain dalam container Active Document, seperti Internet Explorer.


Ø Component Gallery
Component Gallery adalah tool baru yang membantu untuk mengumpulkan dan mengorganisasikan objek seperti librari class, form, button, dan lain-lain ke dalam objek, proyek, aplikasi atau group lainnya. Tool ini sangat dinamik sehingga kita dapat menggunakan, menggadakan atau mengatur kembali komponen antara beberapa klasifikasi dengan Componen Gallery. Component Gallery juga mengandung class pembentuk Visual FoxPro baru yang menyediakan fungsi "right-out-of-the-box".


Ø Aplikasi Coverage Profiler
Aplikasi Pengulas (Coverage) menulis informasi tentang baris kode mana dalam sebuah file yang kita jalankan. Aplikasi Penampang (Profiler) menyediakan informasi tentang baris mana yang dijalankan, berapa lama, durasi, dan lain sebagainya. Pengulas dan Penampang digunakan untuk mengidentifikasi area masalah dalam sebuah aplikasi, terutama kode yang terlewat dan performansi "leher botol". Visual FoxPro Coverage Profiler juga menyediakan sebuah mesin Coverage yang dapat digunakan menurut keinginan, dan sebuah aplikasi multi jendela yang dapat digunakan untuk menganalisa program dan proyek.


Ø GIF dan JPEG

Untuk lebih jauh mendukung kemampuan operasi antar Internet, Visual FoxPro ditingkatkan untuk mendukung format file grafis GIF (Graphics Interchange Format) dan JPEG (Joint Photographic Electronic Group).


Ø HTML Help
HTML Help adalah solusi Microsoft untuk membawa isi Help ke dunia Internet. Visual Studio datang dengan HTML Help Workshop sehingga Anda dapat membuat dan mendistribusikan file HTML Help dengan aplikasi Visual FoxPro.


Ø Elemen-elemen bahasa baru
Bahasa Visual FoxPro ditingkatkan untuk menyederhanakan tugas pemrogram. Dan juga, banyak fungsi manipulasi nama file yang tersedia dalam Foxtools.fll, perpustakaan Visual FoxPro, telah ditambahkan pada Visual foxPro.


Ø OLE Drag & Drop
Visual FoxPro sekarang mendukung OLE (Object Linking & Embedded) drag-and-drop, sebuah tool yang canggih dan berguna untuk memindahkan data ke aplikasi lain yeng mendukung OLE drag-and-drop (seperti Visual Basic, Windows Explorer, Microsoft Excel dan Word). Dalam pendistribusian aplikasi Visual FoxPro, Anda dapat memindahkan data antara kontrol dalam aplikasi, atau antara kontrol dan aplikasi Windows lain yang mendukung OLE drag-and-drop.


Ø Automation Server
Visual FoxPro mengalami peningkatan yaitu pengotomatisan server yang bekerja baik dengan produk dan teknologi seperti Microsoft Visual Basic, Microsoft Transaction Server, dan Active Server Pages.

Ø Wizard dan Builder baru
Selain peningkatan beberapa wizard yang sudah ada, Visual FoxPro datang dengan wizard-wizard dan builder baru yang membantu dalam membangun aplikasi, membuat database, mempublikasikan data kita pada Web, membentuk pemodelan objek, dan membuat wizard sendiri.


Ø Dukungan Year 2000 Date
Beberapa bahasa tingkat tinggi telah ditambahkan pada Visual FoxPro untuk mendukung penanggalan Year 2000 dalam kode aplikasi.


Fasilitas Foxpro


Ø Access dan Assign Methods

Metode ini digunakan untuk mengeksekusi kode ketika nilai sebuah properti diquerikan atau ketika kita berniat mengubah nilai properti. Keuntungannya adalah kita dapat membuat sebuah interface publik untuk sebuah class atau objek yang memisahkan interface dari implementasi. Keuntungan lainnya adalah, kita dapat dengan mudah meng-implementasikan validasi properti dan juga dapat melindungi properti dalam kontrol ActiveX yang di-subclass-kan.


Ø Active Document

Sebuah Active Document adalah sebuah Windows-based, aplikasi non-HTML yang diletakkan pada sebuah browser. Active Document menyediakan sebuah cara untuk fungsionaliti sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui interface browser. Aplikasi Active Document Visual FoxPro sama seperti aplikasi Visual FoxPro lain yang dapat kita jalankan, seperti form, laporan dan label, peng-kelas-an siap pakai, dan memanipulasi data, tetapi juga ditambahkan keuntungan lain dalam container Active Document, seperti Internet Explorer.


Ø Component Gallery

Component Gallery adalah tool baru yang membantu untuk mengumpulkan dan mengorganisasikan objek seperti librari class, form, button, dan lain-lain ke dalam objek, proyek, aplikasi atau group lainnya. Tool ini sangat dinamik sehingga kita dapat menggunakan, menggadakan atau mengatur kembali komponen antara beberapa klasifikasi dengan Componen Gallery. Component Gallery juga mengandung class pembentuk Visual FoxPro baru yang menyediakan fungsi "right-out-of-the-box".


SUMBER

en.wikipedia.org/wiki/FoxPro

apps.facebook.com/faceblogged/?t=view&eid=98082

gen-foxpro.blogspot.com/2009/05/visual-foxpro-60.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar