Senin, 29 November 2010

ORACLE

Pengertian Oracle

Database Oracle (biasanya disebut sebagai RDBMS Oracle atau hanya sebagai Oracle) adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang diproduksi dan dipasarkan oleh Oracle Corporation .

Larry Ellison dan teman-temannya dan mantan rekan kerja Bob Miner dan Ed Oates memulai konsultasi Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. SDL mengembangkan versi asli dari perangkat lunak Oracle. Nama Oracle berasal dari nama-kode milik CIA mendanai proyek-Ellison telah bekerja pada saat yang sebelumnya dipekerjakan oleh Ampex .

Struktur logis Fisik

Sistem database Oracle-diidentifikasi oleh sistem alfanumerik Pengidentifikasi atau SID -terdiri dari setidaknya satu contoh aplikasi, bersama dengan penyimpanan data. Misalnya An-diidentifikasi terus-menerus dengan jumlah Instansiasi (atau id aktivasi: SYS.V_ $ DATABASE.ACTIVATION #)-terdiri dari satu set operasi-sistem proses dan memori -struktur yang berinteraksi dengan penyimpanan . proses umum termasuk PMON (monitor proses) dan SMON (monitor sistem).

Pengguna database Oracle lihat struktur memori server-side-sebagai SGA (System Global Area). The SGA biasanya memiliki cache informasi seperti data-buffer, SQL perintah, dan informasi pengguna. Selain penyimpanan, database terdiri dari online redo log (atau log), yang memegang transaksional sejarah. Proses pada gilirannya arsip online redo log ke arsip log (offline redo log), yang menyediakan dasar (jika perlu) untuk pemulihan data dan untuk beberapa bentuk replikasi data .

Jika Oracle database administrator telah mengimplementasikan Oracle RAC (Real Application Clusters), maka beberapa contoh, biasanya di berbeda server , melampirkan ke pusat penyimpanan array . Skenario ini menawarkan keuntungan seperti lebih baik, skalabilitas kinerja dan redundansi. Namun, dukungan menjadi lebih kompleks, dan banyak situs tidak menggunakan RAC. Dalam versi 10 g, komputasi grid memperkenalkan sumber daya bersama di mana sebuah contoh dapat digunakan (misalnya) CPU sumber daya dari node lain (komputer) dalam grid.

DBMS Oracle dapat menyimpan dan menjalankan prosedur yang tersimpan dan fungsi dalam dirinya sendiri. PL / SQL (proprietary prosedural ekstensi Corporation Oracle untuk SQL ), atau berorientasi objek bahasa Java dapat meminta objek kode tersebut dan / atau menyediakan struktur pemrograman untuk menulis mereka.

Penyimpanan

Oracle RDBMS menyimpan data secara logis dalam bentuk tablespace dan fisik dalam bentuk data file (" datafiles "). [4] tablespace dapat berisi berbagai jenis segmen memori , seperti Data Segmen, Indeks Segmen, Segmen dll pada gilirannya terdiri atas satu atau lebih extent . Extent terdiri kelompok blok data berdekatan. Data blocks form the basic units of data storage. Data blok membentuk unit dasar dari penyimpanan data.

Manajemen database Oracle jalurnya komputer penyimpanan data dengan bantuan informasi yang disimpan dalam SYSTEM tablespace. Para SYSTEM tablespace berisi data kamus -dan seringkali (secara default) indeks dan cluster . Sebuah kamus data terdiri dari kumpulan khusus tabel yang berisi informasi tentang semua pengguna- objek dalam database. Sejak versi 8 i, RDBMS Oracle juga mendukung "lokal berhasil" tablespace yang dapat menyimpan ruang informasi manajemen di Bitmaps pada mereka sendiri header bukan di SYSTEM tablespace (seperti yang terjadi dengan default "kamus-berhasil" tablespace).

File Disk

Pada tingkat fisik, datafiles terdiri atas satu atau lebih blok data , dimana ukuran blok dapat bervariasi antara datafiles.

Datafiles dapat menempati pra-ruang yang dialokasikan dalam sistem file dari server komputer, menggunakan disk mentah langsung, atau ada di dalam ASM volum logikal.

File Kontrol

Parameter berikut mengatur ukuran file kontrol:

Ø      Maxlogfile
Ø      Maxlogmembers
Ø      Maxloghistory
Ø      Maxinstances
Ø      Control_file_record_keep_time

Database Schema

konvensi database Oracle mengacu pada kelompok didefinisikan kepemilikan benda (umumnya dikaitkan dengan "username") sebagai skema .

. Kebanyakan instalasi database Oracle tradisional datang dengan skema yang disebut default SCOTT . Setelah proses instalasi telah menyiapkan tabel contoh, pengguna dapat login ke database dengan nama pengguna scott dan password tiger . Nama SCOTT schema berasal dengan Bruce Scott, salah seorang karyawan pertama di Oracle (kemudian Software Development Laboratories), yang memiliki kucing bernama Tiger.

Oracle Corporation telah de-menekankan penggunaan SCOTT schema, karena menggunakan beberapa fitur yang baru-baru ini melepaskan lebih dari Oracle. Terbaru [update] contoh yang diberikan oleh Oracle Corporation referensi HR default atau skema OE.

skema standar lain meliputi:

  • SYS (database struktur inti yang penting dan utilitas)
  • SYSTEM (database struktur inti dan utilitas tambahan, dan account istimewa)
  • OUTLN (digunakan untuk menyimpan metadata yang disimpan menggambarkan rencana-eksekusi query optimizer stabil.
  • BI , IX , HR , OE , PM , dan SH (skema sampel diperluas yang berisi data lebih banyak dan struktur dari yang lebih tua SCOTT schema).

Sistem Global Area

Artikel utama: Sistem Global Area

Setiap contoh Oracle menggunakan System Global Area atau SGA-a shared-memori daerah-untuk menyimpan data dan kontrol informasi.

Setiap contoh Oracle mengalokasikan SGA sendiri ketika mulai dan de-mengalokasikan itu di shut-down time. Informasi dalam SGA terdiri dari unsur-unsur berikut, yang masing-masing memiliki ukuran tetap, didirikan pada startup contoh:

  • ini menyimpan redo log entri-perubahan yang dibuat ke database. Misalnya menuliskan redo log buffer ke redo log secepat dan seefisien mungkin. The Redo log bantu dalam pemulihan misalnya dalam hal kegagalan sistem.
  • area ini toko SGA bersama-struktur memori seperti daerah SQL dibagi dalam cache perpustakaan dan informasi internal dalam kamus data. Jumlah cukup memori yang dialokasikan ke kolam bersama dapat menyebabkan penurunan kinerja.

Cache Perpustakaan

Cache Perpustakaan toko bersama SQL, caching pohon parse dan rencana eksekusi untuk setiap pernyataan SQL unik. Jika beberapa aplikasi mengeluarkan pernyataan SQL yang sama, setiap aplikasi dapat mengakses area SQL bersama. Hal ini akan mengurangi jumlah memori yang diperlukan dan mengurangi proses-waktu yang digunakan untuk parsing dan perencanaan eksekusi.

Data cache kamus

Para kamus data terdiri satu set tabel dan pandangan bahwa peta struktur database.

Oracle database menyimpan informasi di sini tentang struktur logis dan fisik dari database. Kamus data berisi informasi seperti:

  • pengguna informasi, seperti hak user
  • kendala integritas didefinisikan untuk tabel dalam database
  • nama dan tipe data dari semua kolom dalam tabel database
  • informasi tentang ruang yang dialokasikan dan digunakan untuk objek skema

Contoh Oracle yang sering mengakses data kamus untuk mengurai pernyataan SQL. Operasi dari Oracle tergantung pada akses siap untuk kamus data: kinerja hambatan dalam kamus data mempengaruhi semua pengguna Oracle. Karena itu, database administrator harus memastikan bahwa kamus data cache memiliki kapasitas yang memadai untuk cache data ini. Tanpa memori yang cukup untuk data-kamus cache, pengguna akan melihat penurunan kinerja parah. Mengalokasikan memori yang memadai ke kolam bersama dimana kamus data cache ini berada menghalangi masalah kinerja tertentu.

Program Global Area

Program Global Area atau PGA memori-wilayah dimana contoh Oracle berisi data dan kontrol-informasi untuk-proses server Oracle.

Ukuran dan isi dari PGA tergantung pada pilihan Oracle-server terinstal. kawasan ini terdiri dari komponen-komponen berikut:

  • stack-space: memori yang memegang variabel sesi itu, array, dan sebagainya.
  • sesi-informasi: kecuali menggunakan server multithreaded, toko contoh sesi-informasi dalam PGA. (Dalam server multithreaded, sesi-informasi berjalan di SGA.)
  • swasta SQL-wilayah: wilayah di PGA yang memegang informasi seperti mengikat-variabel dan-runtime buffer.
  • wilayah di PGA yang memegang informasi tentang macam, hash-join, dll

Kinerja dilihat Dinamis

Pandangan kinerja dinamis (juga dikenal sebagai "pandangan tetap") dalam sebuah menyajikan informasi database Oracle dari tabel virtual (X $ tabel ) dibangun atas dasar memori database. Database pengguna dapat mengakses V $ views ( dinamai awalan sinonim mereka) untuk mendapatkan informasi tentang struktur database dan kinerja.

Proses arsitektur

Oracle proses

Oracle RDBMS biasanya bergantung pada sekelompok proses yang berjalan secara simultan di latar belakang dan berinteraksi untuk memantau dan mempercepat operasi database. grup operasi Khas mungkin mencakup beberapa individu berikut proses-(ditampilkan bersamaan dengan tata-nama, disingkat mereka):

  • Pengarsip proses (ARCn)
  • pos pemeriksaan proses (CKPT) * DIBUTUHKAN *
  • koordinator-proses-kerja-antrian (CJQn): dinamis menumbuhkan proses budak untuk pekerjaan-antrian
  • penulis database proses (DBWn) * DIBUTUHKAN *
  • Dispatcher proses (Dnnn): multiplex-proses server atas nama pengguna
  • memori-manager proses (MMAN): digunakan untuk tugas database internal seperti Automatic Shared Memory Management
  • penulis log-proses (LGWR) * DIBUTUHKAN *
  • menulis log-jaringan-server (LNSn): mentransmisikan redo log di lingkungan Data Guard
  • logis proses siaga koordinator (LSP0): kontrol Data Guard log-aplikasi
  • media-proses pemulihan (MRP): terlepas proses pemulihan-server
  • memory-monitor proses (MMON): proses deteksi otomatis masalah, self-tuning dan statistik pengumpulan
  • data memory-monitor proses ringan (MMNL): mengumpulkan dan menyimpan Otomatis Beban Kerja Repository (AWR) data
  • budak mmon (Mnnnn-M0000, M0001, dll): latar belakang budak dari proses MMON
  • proses-proses monitor (PMON) * DIBUTUHKAN *
  • proses-induk (PSP0): Oracle menumbuhkan proses
  • antrian-monitor proses (QMNn)
  • recoverer proses (Reco)
  • remote server file-proses (RFS)
  • proses shared server (Snnn): melayani klien-permintaan
  • sistem memantau proses (SMON) * DIBUTUHKAN *

Proses User, koneksi, dan sesi

Oracle Database membedakan terminologi yang berbeda -ilmu komputer istilah dalam menggambarkan bagaimana pengguna-akhir berinteraksi dengan database:

  • pengguna proses melibatkan seruan perangkat lunak aplikasi
  • sambungan mengacu pada jalur yang menghubungkan proses pengguna ke sebuah contoh Oracle
  • sesi terdiri dari koneksi khusus ke sebuah contoh Oracle. Setiap sesi dalam sebuah contoh telah sesi Pengidentifikasi atau "SID" (berbeda dari sistem-identifier SID).

Concurrency dan mengunci

Oracle database mengontrol akses simultan ke sumber daya data dengan kunci (alternatifnya didokumentasikan sebagai "enqueues" ). Database juga menggunakan "kait" - serialisasi mekanisme untuk tingkat-melindungi berbagi data dalam struktur Sistem Global Area. Rendah

Konfigurasi

Database administrator kontrol banyak variasi merdu dalam sebuah instance Oracle dengan cara nilai dalam sebuah file parameter. ini file dalam bentuk ASCII nya default ("pfile") biasanya memiliki nama dari format init.ora .default file biner setara parameter server ("spfile") (dinamis reconfigurable sampai batas tertentu) default ke format spfile.ora . Dalam sebuah lingkungan berbasis SQL, pandangan V$PARAMETER dan V$SPPARAMETER memberikan akses untuk membaca nilai parameter.

Internasionalisasi

Software Oracle Database datang dalam 63 versi bahasa (termasuk variasi regional seperti Inggris Bahasa Inggris dan Bahasa Inggris Amerika). Variasi antara versi menutupi nama-nama hari dan bulan, singkatan, waktu simbol seperti AM dan AD, dan sortasi.

Oracle Corporation telah diterjemahkan Oracle Database error-pesan ke dalam bahasa Arab, Catalan, Cina, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hungaria, Italia, Jepang, Korea, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Slovakia, Spanyol, Swedia, Thailand dan Turki.

Oracle Corporation menyediakan pengembang database dengan alat dan mekanisme untuk menghasilkan aplikasi database didunia: disebut internal sebagai "Globalisasi".

Sejarah

Perusahaan / timeline teknis

  • 1977: Larry Ellison dan teman-teman mendirikan Software Development Laboratories.
  • (RSI) dan memperkenalkan produknya V2 Oracle sebagai sistem yang tersedia secara komersial-awal database relasional. Versi tidak mendukung transaksi , tetapi menerapkan dasar SQL fungsi query dan bergabung . (RSI pernah merilis versi 1 - bukan memanggil versi versi pertama 2 sebagai marketing gimmick .)
  • 1982: RSI pada gilirannya berubah nama, menjadi dikenal sebagai " Oracle Corporation ", untuk menyelaraskan dirinya lebih dekat dengan produk andalannya.
  • 1983: Perusahaan merilis Oracle versi 3, yang telah ditulis ulang menggunakan bahasa pemrograman C dan yang didukung COMMIT dan ROLLBACK fungsionalitas untuk transaksi. Versi 3 diperpanjang dukungan platform dari yang ada Digital VAX / VMS sistem untuk menyertakan Unix lingkungan.
  • 1984: Oracle Corporation merilis versi Oracle 4, yang didukung membaca-konsistensi .
  • 1985: Oracle Corporation merilis Oracle versi 5, yang mendukung model client-server -tanda jaringan menjadi lebih banyak tersedia di pertengahan 1980-an.
  • 1986: Oracle versi 5.1 mulai mendukung didistribusikan query.
  • 1988: Oracle RDBMS versi 6 keluar dengan dukungan untuk PL / SQL tertanam di dalam Oracle Formulir v3 (versi 6 tidak dapat menyimpan PL / SQL dalam database yang tepat), row-level locking dan hot backup .
  • 1989: Oracle Corporation memasuki produk aplikasi pasar dan mengembangkan perusahaan ERP produk, (kemudian menjadi bagian dari Oracle E-Business Suite ), berdasarkan relasional database Oracle.
  • 1990: pelepasan Aplikasi Oracle rilis 80-an
  • 1992: versi Oracle 7 muncul dengan dukungan untuk integritas referensial , disimpan prosedur dan pemicu .
  • 1997: Oracle Corporation merilis versi 8, yang didukung berorientasi objek pengembangan dan multimedia aplikasi.
  • 1999: Pelepasan Oracle8 i bertujuan untuk memberikan database antar-operasional yang lebih baik dengan Internet (i di nama singkatan "Internet"). Database i Oracle8 asli menggabungkan mesin virtual Java ( Oracle JVM ).
  • 2000: Oracle E-Business Suite 11 i pelopor perangkat lunak aplikasi enterprise terintegrasi
  • 2001: i Oracle9 pergi ke dalam rilis dengan 400 fitur baru, termasuk kemampuan untuk membaca dan menulis XML dokumen. 9 saya juga memberikan opsi untuk Oracle RAC , atau "Real Application Clusters", sebuah komputer-cluster database, sebagai pengganti Paralel Server Oracle (OPS) opsi.
  • 2003: Oracle Corporation merilis Oracle Database 10 g, yang didukung ekspresi reguler . (G singkatan dari "grid"; menekankan dorong pemasaran penyajian 10 g sebagai " komputasi grid siap ".)
  • 2005: Oracle Database 10.2.0.1-juga dikenal sebagai Oracle Database 10 g Release 2 (10 R2 g)-muncul.
  • 2006: Oracle Corporation mengumumkan Unbreakable Linux
  • 2007: Database Oracle 10 g rilis 2 set baru rekor dunia TPC-H 3000 GB patokan hasil
  • 2007: Oracle Corporation merilis Oracle Database 11 g untuk Linux dan Microsoft Windows .
  • 2008: Oracle Corporation mengakuisisi BEA Systems .
  • 2010: Oracle Corporation mengakuisisi Sun Microsystems .

Versi penomoran

produk Oracle secara historis mengikuti rilis sendiri-penomoran dan penamaan konvensi. Dengan 10 RDBMS g rilis Oracle, Oracle Corporation mulai standardisasi semua versi saat ini produk utama dengan menggunakan "10 g" label, meskipun beberapa sumber terus menyebut Release Oracle 11 i Aplikasi sebagai Oracle 11 i. Akhiran dari "i" dan "g" tidak benar-benar mewakili tingkat yang lebih rendah-order versi penomoran, sebagai huruf biasanya mewakili dalam industri penomoran versi software. Artinya, tidak ada versi pendahulu dari Oracle 10g yang disebut Oracle 10F. Sebaliknya, surat-surat hanya merupakan gimmick pemasaran untuk menunjukkan fokus Oracle pada "internet" dan "grid", masing-masing. Akibatnya, banyak drop akhiran surat ketika mengacu ke versi Oracle. Produk utama yang berhubungan dengan database dan beberapa versi mereka termasuk:

Sejak versi 5, Oracle RDBMS penomoran rilis telah menggunakan kode berikut:

  • Oracle5
  • Oracle6
  • Oracle7: 7.0.16-7.3.4
  • Oracle8 Database: 8.0.3-8.0.6
  • Oracle8 Database Release 1: 8.1.5.0-8.1.5.1
  • Oracle8 Database Release 2: 8.1.6.0-8.1.6.3
  • Oracle8 Database Release 3: 8.1.7.0-8.1.7.4
  • Oracle9 Database Release 1: 9.0.1.0-9.0.1.5 ( patchset per Desember 2003 [update] )
  • Oracle9 Database Release 2: 9.2.0.1-9.2.0.8 (patchset per April 2007 [update] )
  • Oracle Database 10 g Release 1: 10.1.0.2-10.1.0.5 (patchset per Februari 2006 [update] )
  • Oracle Database 10 g Release 2: 10.2.0.1-10.2.0.5 (patchset sebagai April 2010 [update] )
  • Oracle Database 11 g Release 1: 11.1.0.6-11.1.0.7 (patchset per September 2008 [update] )
  • Oracle Database 11 g Release 2: 11.2.0.1 (dirilis 2009/09/01)

Sintaks penomoran versi dalam setiap rilis mengikuti pola: major.component-specific.platform-spesifik.

Sebagai contoh, berarti "10.2.0.1 untuk Solaris 64-bit": 10 versi mayor dari Oracle, pemeliharaan tingkat 2, Oracle Application Server (OracleAS) 0, tingkat 1 untuk Solaris 64-bit.

Administrator Panduan Oracle menawarkan informasi lebih lanjut mengenai nomor rilis Oracle.

Daftar pengalaman pertama diklaim

Oracle Corporation mengklaim telah disediakan:

Edisi Pemasaran

Selama dan di atas berbagai versi perangkat lunak manajemen database Oracle berkembang dari waktu ke waktu, Oracle Corporation untuk membagi produknya ke dalam berbagai "edisi" - tampaknya untuk alasan pemasaran dan lisensi-pelacakan. (Jangan membingungkan pemasaran "edisi" dengan edisi "" internal virtual versioning diperkenalkan dengan Oracle 11.2 ). Dalam rangka perkiraan penurunan skala, kita menemukan:

  • meliputi fitur lebih banyak daripada 'Standard Edition', terutama di bidang kinerja dan keamanan. Oracle Corporation lisensi produk ini berdasarkan pengguna atau prosesor, biasanya untuk server menjalankan 4 atau lebih CPU. EE tidak memiliki batas memori, dan dapat memanfaatkan clustering menggunakan Oracle RAC perangkat lunak.
  • Oracle Corporation lisensi produk ini berdasarkan pengguna atau prosesor, biasanya untuk server yang berjalan dari satu sampai empat CPU. Jika jumlah CPU melebihi 4 CPU, pengguna harus mengkonversi ke lisensi Enterprise. SE tidak memiliki batas memori, dan dapat memanfaatkan clustering dengan Oracle RAC tanpa biaya tambahan.
  • Standard Edition One, diperkenalkan dengan Oracle 10 g, memiliki beberapa fitur tambahan-pembatasan. Oracle Corporation pasar untuk digunakan pada sistem dengan satu atau dua CPU. Tidak memiliki keterbatasan memori.
  • Express Edition ("Oracle Database XE"), diperkenalkan pada tahun 2005, menawarkan Oracle 10 g bebas untuk mendistribusikan pada platform Windows dan Linux. Ia memiliki jejak hanya 150 MB dan dibatasi dengan penggunaan CPU tunggal, maksimum 4 GB data pengguna. Walaupun dapat menginstal pada server dengan jumlah memori, menggunakan maksimal 1 GB. Dukungan untuk versi ini datang secara eksklusif melalui on-line forum-dan tidak melalui dukungan Oracle.
  • Oracle Database Lite, dimaksudkan untuk berjalan pada perangkat mobile . database mobile terletak pada perangkat selular dapat melakukan sinkronisasi dengan server berbasis instalasi.

Platform Host

Sebelum merilis Oracle 9 i pada tahun 2001, Oracle Corporation porting produk database-nya ke berbagai platform. Baru-baru ini Oracle Corporation telah konsolidasi pada kisaran yang lebih kecil dari platform sistem operasi.

Pada Oktober 2006 [update] , Oracle Corporation mendukung sistem operasi berikut dan platform perangkat keras untuk Oracle Database 10 g

Software Terkait

Pilihan Database

Oracle Corporation mengacu pada beberapa ekstensi untuk fungsionalitas inti dari database Oracle sebagai "pilihan database". Pada tahun 2008 [update] pilihan antara lain:

This list is incomplete ; you can help by expanding it . Daftar ini tidak lengkap , Anda dapat membantu dengan mengembangkannya .

Dalam kebanyakan kasus, menggunakan opsi ini memerlukan biaya lisensi tambahan.

Suites

Selain nya RDBMS , Oracle Corporation telah merilis suite terkait beberapa alat dan aplikasi yang berkaitan dengan implementasi dari database Oracle. For example: Sebagai contoh:

Database "fitur"

Terlepas dari pilihan database yang didefinisikan dengan jelas, database Oracle dapat mencakup banyak sub perangkat lunak semi-otonom-sistem, yang Oracle Corporation kadang-kadang mengacu sebagai "fitur" dalam arti yang agak berbeda dari penggunaan kata normal. Sebagai contoh, Oracle Data Guard dihitung secara resmi sebagai "fitur", tetapi perintah-stack dalam SQL * Plus, meskipun fitur kegunaan, tidak muncul dalam daftar "fitur" di 's daftar Oracle . [ riset asli? ] tersebut " fitur "mungkin termasuk (misalnya):

  • Sesi aktif Sejarah (ABU), pengumpulan data untuk pemantauan langsung dari database aktifitas terbaru yang sangat. [56]
  • Otomatis Beban Kerja Repository (AWR) , menyediakan layanan monitoring untuk instalasi database Oracle dari versi Oracle 10. Sebelum rilis versi Oracle 10, fasilitas Statspack disediakan fungsi serupa.
  • Clusterware
  • Agregasi data dan Konsolidasi
  • Data Guard untuk ketersediaan tinggi
  • Generik Konektivitas untuk menghubungkan ke sistem non-Oracle.
  • yang membantu untuk mengimpor dan mengekspor data dan metadata antara database
  • Database Resource Manager (DRM), yang mengontrol penggunaan sumber daya komputasi.
  • Fine-grained auditing (FGA) (di Oracle Enterprise Edition) suplemen keamanan-fitur standar auditing
  • Kilas balik untuk pemulihan data selektif dan rekonstruksi
  • iSQL * Plus , sebuah web browser berbasis antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk Oracle database -manipulasi data (bandingkan SQL * Plus)
  • Oracle Data Access Components (ODAC), alat yang terdiri dari:
    • Oracle Data Provider for). BERSIH (ODP.NET
    • Oracle Developer Tools (ODT) untuk Visual Studio
    • Oracle Penyedia untuk ASP.NET
    • Oracle Database Extensions untuk. NET
    • Oracle Provider for OLE DB
    • Oracle Objek untuk OLE
    • Oracle untuk Server Microsoft Transaksi
  • Oracle-dikelola file (OMF) - fitur yang memungkinkan penciptaan otomatis, penamaan dan penghapusan datafiles pada tingkat sistem operasi.
  • Recovery Manager (RMAN) untuk database backup , restorasi dan pemulihan
  • SQL * Plus , sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan database Oracle (s) melalui SQL dan / PL SQL perintah pada baris-perintah . Compare iSQL*Plus. Bandingkan Plus * iSQL.
  • Virtual Private Database (VPD), sebuah implementasi dari grained access control-baik saja.

Daftar ini tidak lengkap , Anda dapat membantu dengan mengembangkannya .

Alat Standalone

Pengguna dapat mengembangkan aplikasi di Jawa dan / PL SQL menggunakan alat seperti Oracle JDeveloper , Oracle Formulir , atau Oracle Laporan . Oracle Corporation telah mulai drive terhadap '-driven lingkungan wizard' dengan maksud untuk memungkinkan non-programmer untuk menghasilkan sederhana data-driven aplikasi.

Oracle SQL Developer , tool grafis gratis untuk pengembangan database, memungkinkan pengembang untuk menelusuri objek database, menjalankan pernyataan SQL dan skrip SQL, dan mengedit dan debug PL / SQL. Ia menggabungkan pelaporan standar dan disesuaikan.

Database lain dipasarkan oleh Oracle Corporation

Dengan mengakuisisi teknologi lain di bidang database, Oracle Corporation telah mengambil alih:

  • TimesTen , seorang-penduduk database transaksi cache memori yang dapat dan melakukan sinkronisasi data dengan server database Oracle terpusat. Ini berfungsi sebagai real-time produk software infrastruktur dimaksudkan untuk pengelolaan rendah latensi ,-volume data yang tinggi, peristiwa dan transaksi.
  • sederhana, kinerja tinggi, tertanam database
  • Oracle Rdb , sebuah database relasional warisan bagi OpenVMS sistem operasi
  • MySQL database relasional dibeli sebagai bagian dari pemilik langsung sebelumnya, Sun Microsystems

Penggunaan

Oracle telah memiliki reputasi di kalangan pengguna pemula sebagai sulit untuk diinstal pada sistem Linux.Oracle Corporation telah dikemas terbaru [update] versi untuk beberapa distro Linux yang populer dalam upaya untuk meminimalkan tantangan instalasi melampaui tingkat keahlian teknis yang diperlukan untuk menginstal server database.

Dukungan Resmi

Pengguna yang memiliki dukungan kontrak Oracle bisa menggunakan Oracle Metalink situs web. Metalink menyediakan pengguna produk Oracle Corporation dengan repositori masalah yang dilaporkan, skrip diagnostik dan solusi. Hal ini juga terintegrasi dengan penyediaan peralatan pendukung, patch dan upgrade.

Remote Diagnostik Agen atau RDA dapat beroperasi sebagai baris-perintah alat diagnostik mengeksekusi skrip. Data diambil memberikan gambaran tentang lingkungan Oracle Database dimaksudkan untuk diagnostik dan-trouble shooting. Dalam AKG, yang HCVE (Validasi Pemeriksaan Kesehatan Engine) dapat memverifikasi dan mengisolasi sistem host isu-isu lingkungan yang dapat mempengaruhi kinerja perangkat lunak Oracle.

Terkait pedoman Database

Oracle Corporation juga mendukung praktek-praktek tertentu dan konvensi sebagai meningkatkan penggunaan produk database-nya. These include: Ini termasuk:

Program Sertifikasi Oracle

Artikel utama: Program Sertifikasi Oracle

The Oracle Program Sertifikasi , sebuah sertifikasi profesional program, termasuk administrasi Oracle Database sebagai salah satu jalan utama nya sertifikasi. It contains three levels: Ini berisi tiga tingkat:

  1. Oracle Certified Associate (OCA)
  2. Oracle Certified Professional (OCP)
  3. Oracle Certified Master (OCM)

Pengguna kelompok

Berbagai resmi (Oracle-disponsori) dan tidak resmi Oracle User Groups telah tumbuh pengguna dan pengembang database Oracle. They include: Mereka termasuk:

Posisi Pasar

Kompetisi

Di pasar untuk database relasional, Oracle Database bersaing dengan produk-produk komersial seperti IBM DB2 UDB dan Microsoft SQL Server . Oracle dan IBM cenderung pertempuran untuk rentang pertengahan pasar database pada platform UNIX dan Linux, sementara Microsoft mendominasi pasar kisaran pertengahan database pada Microsoft Windows platform. Namun, karena mereka berbagi banyak pelanggan yang sama, Oracle dan IBM cenderung untuk mendukung lain produk masing-masing di middleware banyak dan kategori aplikasi (misalnya: WebSphere , PeopleSoft , dan Siebel Systems CRM ), dan perangkat keras divisi IBM bekerja sama dengan Oracle pada optimalisasi server--teknologi kinerja (misalnya, Linux di zSeries ). Kedua perusahaan memiliki hubungan mungkin terbaik digambarkan sebagai " coopetition ". Niche pesaing komersial termasuk Teradata (data pergudangan dan intelijen bisnis), Software AG Adabas , Sybase , dan IBM Informix , di antara banyak lainnya.

Pada tahun 2007, persaingan dengan SAP AG disebabkan litigasi dari Oracle Corporation.

Semakin, produk database Oracle bersaing melawan seperti perangkat lunak open source sistem database relasional seperti PostgreSQL , Firebird , dan MySQL . Oracle mengakuisisi Innobase , pemasok InnoDB codebase ke MySQL, sebagian untuk bersaing lebih baik terhadap alternatif open source, diakuisisi Sun Microsystems , pemilik MySQL, pada tahun 2010. produk Database izin sebagai open source, oleh ketentuan hukum dari Open Source Definition , bebas untuk mendistribusikan dan bebas royalti atau biaya lisensi lainnya.

Harga

Oracle Corporation menawarkan lisensi panjang untuk semua produk Oracle Ini dasar harga daftar lisensi panjang berdasarkan persentase tertentu dari harga lisensi tak terbatas. calon pembeli dapat memperoleh izin didasarkan baik pada jumlah prosesor di mesin server target mereka atau pada jumlah kursi potensial ("user bernama").

Enterprise Edition

Pada Juli 2010 [update] , database bahwa biaya paling per mesin-prosesor antara edisi database Oracle, pada $ 47.500 per prosesor.

Edisi Standar

Murah: ia dapat berjalan pada hingga empat prosesor tetapi memiliki fitur kurang dari Enterprise Edition-tidak memiliki paralelisasi yang tepat, dan lain-lain, tetapi tetap sangat cocok untuk menjalankan aplikasi berukuran menengah.

Standar SATU

Menjual bahkan lebih murah, namun tetap terbatas pada dua CPU. Edisi Standar ONE menjual pada basis per-kursi dengan minimum lima pengguna. Oracle Corporation biasanya menjual lisensi dengan 22% biaya tambahan untuk dukungan dan upgrade (akses ke situs dukungan Metalink-Oracle Corporation) yang pelanggan harus memperbaharui setiap tahunnya.

Oracle Express Edition (Oracle XE)

Tambahan untuk keluarga produk database Oracle ( beta versi dirilis pada tahun 2005, versi produksi yang dikeluarkan pada bulan Februari 2006), menawarkan versi gratis dari Oracle RDBMS, tapi terbatas pada 4 GB data pengguna dan 1 GB RAM (SGA + PGA). XE akan menggunakan tidak lebih dari satu CPU dan kekurangan internal JVM . XE berjalan hanya pada Windows dan di Linux, bukan pada AIX, Solaris, HP-UX dan sistem operasi lain yang tersedia untuk edisi lainnya.

Seperti komputer yang menjalankan Oracle seringkali memiliki delapan atau lebih prosesor, harga perangkat lunak dapat naik ke ratusan ribu dolar.Total sering melebihi ini, sebagai besar biasanya memerlukan instalasi Oracle yang berpengalaman dan terlatih database administrator untuk melakukan set-up dengan benar. Karena basis besar produk terinstal dan kursus pelatihan yang tersedia, spesialis Oracle di beberapa daerah telah menjadi sumber daya lebih banyak daripada mereka untuk database lebih eksotis. Oracle sering memberikan menawarkan pelatihan khusus untuk database administrator.

Pada Linux, sertifikasi konfigurasi's Oracle meliputi sebagian besar komersial distribusi Linux ( Red Hat Enterprise Linux 3, 4 dan 5, SuSE SLES 8, 9 dan 10, Asianux ) yang dapat biaya berkisar dari beberapa ratus hingga USD ribu saja per tahun ( tergantung pada arsitektur prosesor dan paket dukungan dibeli).

Sistem database Oracle juga dapat menginstal dan menjalankan tersedia distribusi Linux-bebas seperti Hat berbasis Centos Merah, atau berbasis sistem Debian.

SUMBER

en.wikipedia.org/wiki/Oracle_Database

id.wikipedia.org/wiki/Basis_data_Oracle

1 komentar: